Sabtu, 16 November 2013

Tugas RPL 4

Proyek Pengembangan Perangkat Lunak Pesanan Untuk Toko Baju Online


Proses pembangunan perangkat lunak ini untuk memudahkan pelanggan untuk memasukan foto dirinya, ukuran badannya dan warna favoritnya sehingga bisa dipilih baju yang cocok untuknya.
personel-personel  ini akan di kelompokan menjadi 5 kategori yaitu :

1.      Manajer Senior
Berperan sebagai yang membuat kebijakan, keputusan dan strategi dalam proyek, semuanya  dipegang oleh manajer senior
2.      Manajer Proyek (pemimpin tim)
Berperan sebagai orang yang bertanggung jawab dalam mengurus sebuah proyek dan mampu memilih praktisi sesuai dengan posisi.
Karakter Manajer Proyek harus memiliki kemampuan memecahkan masalah, kemampuan manajerial, prestasi dalam menangani proyek, mampu membentuk tim dan mempengaruhi anggota tim
3.      Praktisi/pelaksana
Orang yang mempunyai kemampuan untuk mendapatkan produk/Perangkat lunak
4.      Pelanggan (Clien)
Berperan sebagai pemberi kerja dan menentukan kebutuhan perangkat lunak
5.      Pengguna akhir
Orang yang berinteraksi langsung dengan PL yang dibangun

The SoftwareTim (Tim Proyek Perangkat lunak)

Tugas the software tim yaitu mengatur SDM pada sebuah proyek yang membutuhkan dan orang yang bekerja selama kurun tahun seperti :
Dalam sebuah Tim pastinya ada struktur organisasi yang terbentuk untuk menentukan pembagian tugas yang bisa diterapkan pada tim perangkat lunak. Misalnya semua personel dibagi menjadi beberapa tim, setiap tim mengerjakan satu atau lebih tugas dan koordinasi dikendalikan oleh tim dam manager. Struktur organisasi yang bisa diterapkan yaitu :
  • Controlled Centralized (CC)
Terkontrolnya suatu organisasi yang memusatkan seluruh wewenang kepada sejumlah kecil manajer atau yang berada di posisi puncak pada suatu struktur organisasi.
Hanya ada pimpinan utama tim di sini, semua tugas dikoordinir dan ditangani langsung oleh pimpinan utama. Semua pengambilan keputusan terhadap suatu masalah berada di tangan pimpinan utama.
Pimpinan utama ini pula yang menentukan anggota kelompok mana yang harus bekerja dan tidak bekerja. Semua komunikasi tim harus melalui pimpinan utama. Karena itu sifat komunikasi dalam bentuk organisasi ini hanya bersifat vertikal.
penyelesaian masalah dikerjakan oleh pemimpin, pemimpin melakukan koordinasi internal tim, komunikasi lebih banyak vertikal antara pemimpin dan anggota tim cocok untuk masalah yang sederhana, melakukan penyelesaian, masalah lebih cepat, masalah dengan modularitas tinggi, menghasilkan sedikit kesalahan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar